Seluruh Jamaah Haji Khusus Patuna Travel Tiba di Tanah Air

Foto: Jamaah Haji Khusus Patuna Travel tiba di Tanah Air

“Alhamdulillah semua jamaah haji Patuna Travel jumlah dari keberangkatan dan kepulangan kita sama di haji khusus tidak ada yang berubah sampai saat ini juga”

JAKARTA (inspiratormedia.id) – Jamaah Haji Khusus Patuna Travel pada Minggu (18/8/2019) kembali tiba di Tanah Air dengan selamat tanpa kekurangan satu apapun, meski sebelumnya diberitakan pada tanggal 9 Djulhizah 1440 Hijriah atau 10 Agustus 2019 sempat terjadi hujan badai hingga menimbulkan banjir saat wukuf di padang Arafah.

Diketahui, untuk musim haji 1440 Hijriah atau 2019 ini Patuna Travel memberangkatkan sebanyak 417 jamaah, termasuk 19 orang petugas haji yang mengawal dan membantu para jamaah mulai dari Tanah Air, kemudian saat beribadah di Tanah Suci hingga kembali lagi ke Indonesia.

“Alhamdulillah semua jamaah haji Patuna Travel jumlah dari keberangkatan dan kepulangan kita sama di haji khusus tidak ada yang berubah sampai saat ini juga,” ungkap Syam Resfiadi, Direktur Umum PT Patuna Mekar Jaya (Patuna Travrl), ditemui saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (18/8/2010).

Sementara, lanjutnya, untuk Haji Furoda kita masih menjalani program di Mekkah sampai tanggal 20 Djulhizah atau 21 Agustus dan akan dilanjutkan ke Madinah sampai 25 Agustus 2019.

Syam Resfiadi, Direktur Umum Patuna Travel

Terkait hujan badai yang terjadi di Arafah dan banjir di Mina, Syam mengatakan pihaknya telah mengantisipasi dengan membuat jamaah tidak bermalam di Mina, tetapi membayarkan fidiyah untuk para jamaah.

“Setelah badai di Arafah pada 9 Djulhizah, di Mina pada tanggal 11 Djulhizah juga mengalami hujan di sore hari. Karena di padang pasir banyak gunung-gunung batu, maka ketika hujan tidak ada resapan air sehingga menyebabkan banjir bandang. Patuna mengantisipasi dengan membuat jamaah tidak bermalam atau mabit di Mina, dan kita membayarkan fidiyah buat mereka,” tutur Syam.

Secara keseluruhan, Syam yang juga merupakan Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi), mengatakan, penyelenggaraan Haji Khusus Patuna Travel berjalan dengan baik dan lancar.

Hal tersebut turut diakui oleh Ponco, salah seorang Jamaah Haji Khusus Patuna Travel, dengan mengatakan, dirinya puas atas penyelenggaraan dan pelayanan yang didapat selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Secara keseluruhan penyelenggaraan haji oleh Patuna Travel saya rasakan sangat baik, karena petugas yang telah berpengalaman sehingga bisa mengatur semua kegiatan ibadah kami. Akhirnya kita bisa melakukan segala ritual rukun dan wajib hajinya secara benar dan lancar semuanya,” tuturnya.