Bupati Tanah Datar: Di TPS, No Urut 02 Unggul Telak

Foto: Istimewa

“Nomor urut 02 unggul telak dengan perolehan  103 sementara nomor urut 01 hanya 23 suara”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi optimistis partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada pemilu serentak ini melebihi target.

“Kita yakin partisipasi masyarakat pada pemilu ini di Tanah Datar melebihi target nasional,” kata Bupati Tanah Datar, Irdinasyah Tarmizi usai menyalurkan hak suaranya di TPS O12 Jorong Diponegoro Nagari Baringin Kecamatan Limo Kaum Batusangkar, Rabu (17/4).

Menurutnya, untuk mendongkrak partisipasi pemilih tidak terlepas dari sosialisasi yang telah dilakukan  petugas penyelenggara pemilu dan pihak terkait sebelum pelaksaan berlangsung. Ide kreatif dari KPPS yang mendesain TPS sekreatif mungkin juga dapat menarik minat masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya. Bahkan ia akan memberikan penghargaan kepada lima TPS yang paling kreatif pada pemilu kali ini.

Menurutnya, satu suara dari rakyat menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan.

Untuk warga yang tidak terdaftar di DPT, bupati menyarankan untuk segera datang ke TPS pada waktu yang telah ditetapkan KPU sesuai dengan domisili yang tertera di KTP tersebut.

“Karena mereka masih bisa menyalurkan hak suaranya sebagai daftar pemilihan tambahan,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat harus tenang saat menyalurkan hak pilihnya saat berada di bilik suara.

Ia berharap masyarakat harus benar-benar yakin bahwa yang dipilih adalah orang yang tepat dalam mewakili rakyat, baik untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden maupun untuk anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Di bilik suara kita harus tenang, kita lihat partainya agar memudahkan dalam memilih, lalu lihat orangnya. Setelah kita yakin itu pilihan kita baru kita tusuk dan masukan ke kotak suara,” ujarnya.

Ia menilai pelaksanaan proses pemungutan suara pemilu 2019 di Tanah Datar sejauh ini masih berjalan dengan aman dan lancar. Diharapkannya Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkup sekretariat Tanah Datar juga ikut meninjau dan mengawal jalannya pemilihan berlangsung.

Usai mencoblos bersama istri, bupati langsung meninjau tiga TPS yaitu di TPS 024 Padang Siminyak Pagaruyung, TPS 05 Simpuruik Nagari Sijangek dan TPS 21 Kubu Rajo Nagari Limo Kaum.

Diketahui di TPS 012 Jorong Diponegoro tempat bupati mencoblos, nomor urut 02 unggul telak dengan perolehan  103 sementara nomor urut 01 hanya 23 suara.

Penulis: Nandhes H
Sumber: Harianhaluan.com