Duduki Kantor Bupati Bima, Massa Aksi Tuntut Usir PT. JMK

Foto: Istimewa

“Sekarang sudah terlihat dengan jelas dampak negatif dari operasi tambang tersebut, alam kami mulai tercemar”

BIMA (Inspiratormedia.id) – Berjumlah ratusan Aktivis Bima, baik dari pemuda dan mahasiswa serta masyarakat melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Bima untuk mendesak pemerintah Bima agar mengusir PT. JMK selaku pengelola tambang pasir besi di kecamatan Wera. Massa juga menuntut agar dibebaskan ketiga aktivis Anti tambang yang dijembloskan oleh pemerintah Kabupaten Bima kedalam penjara karena dinilai agresif dalam menuntut untuk mengusir pengelola tambang pasir besi di Jl. Dadibou, Woha, Bima, NTB pada Rabu (20/11).

Aksi tersebut dimulai sejak pukul 10.45 WIB dan sampai saat ini masih berlangsung. Kondisi terkini, terjadi kericuhan antara pihak keamanan dan masa aksi disebabkan karena masa aksi terus mendesak agar dapat masuk di kantor bupati.

Menurut Asmudyanto selaku Jendlap dalam orasinya menyatakan bahwa keberadaannya bersama massa hari ini tepat di depan kantor Bupati Bima bermaksud baik untuk meminta pemerintah Kabupaten Bima segera mengusir PT. JMK dari kecamatan Wera, karena telah merusak lingkungan kami dengan melakukan penambangan pasir besi.

“Sekarang sudah terlihat dengan jelas dampak negatif dari operasi tambang tersebut, alam kami mulai tercemar, dan kami meminta juga agar sesegera mungkin Bupati Bima Ibu Inda Dhamayanti melepaskan aktivis Anti tambang yang telah pemerintah Kabupaten Bima penjarakan, itu merupakan kriminalisasi terhadap aktivis sekaligus bentuk pembungkaman terhadap demokrasi Indonesia,” ujar Asmudyanto dalam orasinya.

Asmudyanto menambahkan, apabila beberapa tuntutannya ersebut tidak diindahkan selama 1×24 jam, maka ia dan massa aksi akan melakukan sesuatu yang dianggap rasional, demi menyelamat rakyat dan aktivis yang dipenjarakan oleh Pemerintah Bima yang zolim.

Ada pun tutuntan masa aksi:
1. Usir PT. JMK dari tanah Wera
2. Bebaskan Tiga Aktivis Anti tambang atas tuduhan pengerusakan fasilitas kantor kecamatan wera
3. Pemerintah Kabupaten Bima segera hentikan Ekspliotasi alam Bima
4. Stop kriminalisasi aktivis
5. Kami mengutuk pemerintah kabupaten Bima atas usaha-usaha pembungkaman demokrasi.

Penulis: Soehartanto