Perusahaan Amerika di Florida Fokus Tingkatkan Kerja Sama dengan Indonesia

Foto: Istimewa

“Indonesia dan AS memiliki banyak kesamaan prinsip yang dapat menjadi dasar untuk memperkuat kerja sama”

FLORIDA (Inspiratormedia.id) – Perusahaan-perusahaan terkemuka di Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, menyampaikan keinginan untuk lebih fokus bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia dan semakin meningkatkan nilai perdagangan dan investasi kedua negara.

Keinginan tersebut juga mendapat dukungan dari para anggota Kongres AS yang mewakili berbagai distrik di Florida dan pejabat-pejabat tinggi Florida yang hadir dalam seminar di JAX Chamber Jacksonville, dengan tema “The 70th Anniversary of Indonesia and US Relations: Ways to Move Forward”.

Seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Amerika, khususnya dengan Negara Bagian Florida dan Kota Jacksonville, dan diselenggarakan atas kerja sama KBRI Washington DC, KJRI Houston, dan Perwakilan Anggota Kongres Distrik III di Florida, Ted Yoho.

Selain Ted Yoho, hadir pula dalam seminar tersebut Anggota Kongres Distrik IV Florida, John Rutherford, para pejabat di kantor pemerintahan Negara Bagian Florida dan Kota Jacksonville, serta lebih dari 70 pelaku usaha, baik dari Indonesia maupun dari berbagai wilayah di Florida.

Foto: Istimewa

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar, mengundang para pelaku usaha agar secara aktif mendalami upaya-upaya dalam membentuk ekosistem bisnis yang berkelanjutan antara Indonesia dan Jacksonville.

“Dipilihnya Florida sebagai tempat pelaksanaan business forum adalah karena Florida merupakan salah satu dari lima negara bagian di AS dengan nilai perdagangan tertinggi dengan Indonesia,” ungkap Dubes Mahendra Siregar menjelaskan alasan Florida sebagai tempat seminar. Mahendra juga mengajak para pelaku usaha dari Florida untuk mengikuti Trade Expo di Indonesia pada 16 – 20 Oktober 2019.

Anggota Kongres Ted Yoho menyampaikan bahwa business forum tersebut bertujuan untuk mempromosikan Indonesia kepada para pelaku usaha di negara bagian Florida.

“Indonesia dan AS memiliki banyak kesamaan prinsip yang dapat menjadi dasar untuk memperkuat kerja sama, baik dalam hal perdagangan, politik keamanan di kawasan ASEAN serta di bidang pendidikan,” terangnya.

Foto: Istimewa

Sementara John Rutherford menyampaikan bahwa Jacksonville dengan infrastruktur logistik yang sangat lengkap, siap untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia.

Forum bisnis tersebut dilanjutkan dengan kunjungan lapangan sehingga para pelaku usaha Indonesia berkesempatan untuk memperoleh informasi langsung mengenai operasional beberapa perusahaan terkemuka di Florida, antara lain operator pelabuhan kota Jacksonville Jaxport, perusahaan pengelola LNG di Jacksonville JAX LNG, dan perusahaan ekspedisi TOTE Maritime.

Foto: Istimewa

Sebagai rangkaian dari kegiatan di Negara Bagian Florida tersebut, Ted Yoho juga memfasilitasi kunjungan ke beberapa perusahaan lokal di kota Gainsville, Florida, yang memiliki potensi untuk kerja sama lebih lanjut, khususnya dibidang pertanian dan peternakan. Beberapa perusahaan tersebut adalah Spring Park Coffee, Farley Cattle Company, dan Lussier Diary.

Disamping itu, dilakukan pula pembahasan untuk mengembangkan perusahaan start-up dalam bidang bioteknologi di Indonesia pada saat kunjungan ke UF Innovative HUB Sid Martin Biotech di Gainsville, yang dikelola oleh University of Florida.

Melengkapi seluruh rangkaian kegiatan di Florida, KBRI Washington D.C. dan KJRI Houston menggelar acara Indonesia Cultural Night di Jacksonville. Kegiatan tersebut menampilkan berbagai kesenian, tarian, dan peragaan busana oleh Voice of Indonesians in Florida (VIDA), Rumah Payung Indonesia, dan Dian Oerip Fashion.

Penulis: Nanda Hidayat