Manfaat Mengkonsumsi Jahe Setiap Hari

Foto: Jahe (ist)

“Mengkonsumsi jahe akan memberi segudang manfaat”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Jahe adalah rempah-rempah yang berasal dari asia tenggara yang telah menyebar hingga keseluruh dunia dan membuat setiap orang mengenalnya. Memiliki aroma khas dan segudang khasiat, membuat jahe menjadi rempah dan obat tradisional yang melegenda.

Mengkonsumsi jahe akan memberi segudang manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jika mengkonsumsi jahe setiap hari:

Mengatasi masalah pencernaan
Senyawa aktif dalam jahe dapat membantu mengurangi resiko gangguan pencernaan hingga 50%. Selain itu, jahe juga dapat mencegah perut kembung, dan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik.

Mengurangi mual
Jahe mampu mengurangi rasa mual akibat dari beberapa hal seperti morning sickness (mual ibu hamil), mabuk laut, mabuk perjalanan dan lain-lain.

Meredakan nyeri
Jahe dapat dijadikan solusi untuk mempercepat penyembuhan nyeri kram akibat olahraga. Karena jahe mampu meningkatkan aliran darah dan menyuplai oksigen ke otot yang sakit.

Mengurangi peradangan
Kandungan anti radang pada jahe dapat membantu penderita penyakit peradangan seperti radang sendi, rematik, dan lain-lain.

Mengurangi resiko penyakit jantung
Memiliki khasiat anti pembekuan darah, jahe dapat membantu seseorang mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Menurunkan kolesterol
Jahe mampu meningkatkan metabolisme lemak serta mengurangi tingkat lipid darah. Sehingga bagi penderita kolesterol dapat dibantu dengan jahe untuk mengurangi kolesterol.

Melindungi dari kanker
Jahe memiliki senyawa yang disebut gingerol yang dapat mencegah sel kanker untuk tumbuh, khususnya kanker usus besar.

Meningkatkan fungsi otak
Di beberapa penelitian, telah membuktikan jika jahe dapat membantu untuk mencegah dan melawan Alzheimer. Karena jahe juga dapat membuat otak berfungsi lebih baik yaitu dengan meningkatkan memori dan menguruangi stress.

Berbagai cara bisa dilakukan dalam mengkonsumsi jahe, seperti campuran bumbu masakan atau dibuat wedang dan dikonsumsi dipagi hari. Nah, itulah dia manfaat dari mengkonsumsi jahe secara rutin.

Penulis: Krishna A
Edt: Redaksi (ZS)
Sumber: hellosehat.com