Ketum PPTI: Sesama Ulama Harus Saling Menghormati

Foto: Istimewa

“Tujuan agama adalah memberikan ketentraman batin kepada umatnya”

JAKARTA (inspiratormedia.id) – Beredar sejumlah video Youtube dari kanal Cahaya Tauhid yang berisi caci maki oleh Ustaz Yahya Waloni kepada KH Ma’ruf Amin, Tuan Guru Bajang, dan Megawati Soekarnoputri.

Oleh Yahya, Kiai Maruf disebut orang tua yang haus kekuasaan, TGB disebut sebagai Tuan Guru Bajing*n, dan Megawati didoakan cepat mati, karena dituding telah merusak Islam. Bahkan, Yahya mencaci bahwa tingkat intelegensia Megawati di bawah rata-rata.

Cacian diatas mendapat kecaman. Kecaman datang dari Ketua Umum Persatuan Pengamal Tharikat Islam (PPTI) Rahman Sabon Nama. Rahman menilai, sesama ulama seharusnya saling mensupport, bukan menghujat.

“Tujuan agama adalah memberikan ketentraman batin kepada umatnya. Oleh karena itu  seharusnya dalam menyampaikan ceramah tentu ada kode etik yang lebih manusiawi, harus santun yang menyejukan tidak boleh saling menyerang. Apalagi ucapan yang kurang sopan pada Kiyai Maruf Amin  seperti itu,” katanya.

“Saya  prihatin atas ucapan ustadz Yahya Faroni  dalam ceramahnya dengan ucapan yg kurang santun terhadap Kh. Maruf Amin,” sambungnya.

Dia melanjutkan, Maruf Amin adalah Ketua Umum MUI yang seharusnya dihormati.

“Juga sebaliknya untuk Buya KH. Maruf Amin (saling menghormati-red),” paparnya.

Terkait pencalonan Maruf sebagai Cawapres mendampingi Jokowi, Rahman berpesan supaya kedepan jika dirinya terpilih, ia bisa merangkul umat Islam dengan menawarkan program-program pembangunan keumatan yang simpatik.

Ketua Umum PPTI juga memberi masukan lain. Hal ini berkaitan dengan Islam Nusantara. Dirinya berpesan agar polemik Islam Nusantara tak dijadikan bahan untuk saling menghujat satu sama lainnya. Karena, katanya, hal tersebut berpotensi menimbulkan perpecahan umat.

“Saya bukan ulama dan juga bukan ahli agama tetapi saya menghimbau agar jagalah wibawa ulama untuk melakukan amar maruf nahi munkar. Karena ini merupakan tugas pokok ulama dalam membina umat. Saya prihatin atas ucapan ustadz Yahya Faroni dalam ceramahnya dengan ucapan yang kurang santun terhadap Maruf Amin,” tutup Ketua Umum PPTI itu.

Penulis: Nandhes H