Anies Baswedan Tak Permasalahkan Pendatang Baru di Jakarta

Foto: Istimewa

“Selain itu, Pemprov DKI akan memfasilitasi kebutuhan dokumen warga baru di Jakarta”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mempermasalahkan kehadiran pendatang baru dari luar Jakarta bersamaan dengan arus balik Lebaran. Bagi dia, pendatang bukan hal baru untuk Jakarta. 

“Nanti kita lihat saja. Jakarta sudah sekian tahun mengalami Lebaran, tiap tahun alami mudik, tiap tahun alami arus balik,” ucap Anies kepada wartawan, di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (10/6). 

Anies tidak risau atas adanya pendatang baru yang mungkin berakibat meningkatnya permukiman kumuh di Jakarta. Baginya, masalah itu bisa selesai dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. 

“Yang penting adalah lapangan pekerjaan. Jadi kita mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, maka akan mendapat pekerjaan yang baik. Dengan mendapatkan pekerjaan yang baik, otomatis tempat tinggal pun akan lebih baik,” kata Anies. 

Anies pun membanggakan pertumbuhan ekonomi Jakarta yang dinilai bagus. Menurut Anies, pertumbuhan ekonomi yang baik akan mendorong banyaknya investasi dan lapangan pekerjaan.

“Jadi dorongan kita adalah pada pertumbuhan ekonomi dan alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi di Jakarta itu di atas rata-rata nasional dan kita akan terus mendorong dengan kemudahan izin berusaha,” ujar Anies. 

“Kemudian, kita fasilitasi untuk berbagai macam kebutuhan untuk investasi. Jadi harapannya, nanti tenaga kerja yang terserap bisa lebih banyak,” sambungnya.

Sementara itu, untuk operasi yustisi yang akan dilakukan ialah hanya mendata jumlah penduduk. Selain itu, Pemprov DKI akan memfasilitasi kebutuhan dokumen warga baru di Jakarta. 

“Biasa, kan kalau warga datang harus melapor kepada RT/RW, kemudian kalau tinggal lebih dari 24 jam harus lapor. Proses seperti itu saja, tapi sifatnya melayani bagi mereka yang membutuhkan pelayanan kependudukan,” kata Anies.

Penulis: Kris Rahmatiasina