Bekerjasama dengan Kemendikbud, Prima DMI Gelar Seminar Bertajuk Budaya Wali Songo

Foto: Istimewa

“Selain itu, kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh 350 peserta dari berbagai organisasi pemuda dan pelajar, mahasiswa dari berbagai universitas”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan kegiatan bertajuk Budaya Wali Songo dan Gelaran Seni Islami Nusantara pada Ahad (13/10) di Aula Latief Hendraningrat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Wakil Ketua Umum PP PRIMA DMI, Sofian, S.H., M.H., yang juga Ketua Panitia Pelaksana, menyatakan hal itu pada Sabtu (5/10) sore.
“Kegiatan ini mengangkat tema Formasi dan Transformasi Kebudayaan Islam Di Nusantara dan diselenggarakan oleh PRIMA DMI bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI,” papar Sofian.

Acara ini, lanjutnya, Insya Allah akan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI. Beliau juga akan memberikan kata sambutan dalam acara ini.

“Adapun pembicara utama (keynote speaker) dalam acara ini ialah Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dr. H. Komaruddin, M.Si. Narasumber lainnya yakni Wakil Dekan III Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial UNJ, Dr. H. Andi Hadiyanto, M.A., dan Wakil Sekretaris PP Lembaga Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU),” jelasnya.

Foto: Istimewa

Sejumlah narasumber juga akan hadir, ucapnya, yakni Wakil Sekretaris Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Dr. KH. Abdul Hamid, dan Peneliti Muda Bidang Perkembangan Asia Pasifik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Saiful Hakam, S.S., M.A. Turut hadir artis Cici Paramida untuk memeriahkan acara ini.

“Selain itu, kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh 350 peserta dari berbagai organisasi pemuda dan pelajar, mahasiswa dari berbagai universitas, serta masyarakat umum dari DKI Jakarta dan sekitarnya. Hadir pula Tim Hadrah Annasyidus Shoffa untuk memeriahkan acara,” ujar Sofian.

Menurutnya, acara ini bertujuan untuk mengenang jasa Wali Songo yang telah berhasil menyebarkan dakwah dan syiar Islam di Indonesia. “Tujuan lainnya ialah sebagai refleksi kebudayaan Islam di Indonesia serta untuk berbagi wawasan kebudayaan Islam di Indonesia,” imbuh Sofian.

Penulis: Krishna A