Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-73

Foto: Istimewa

“Kita perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementrian, Pemerintah Daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam Negeri”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold E. P Hutagalung, SE., SIK, M.SI, MH bertindak sebagai Inspektur Upacaradalam HUT Bhayangkara ke 73 yang dilaksanakan di Gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Pura 2 Pelni Tanjung Priok Jakarta Utara pada Rabu (10/7/19). Sedangkan untuk Komandan Upacara adalah Kasat Reskrim AKP M. Faruk Rozi, SIK.

Adapun peserta upacara terdiri dari 12 Pleton gabungan Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok, dengan menghadirkan kekuatan sebanyak 364 Personel Polres dan Polsek serta jajaran Bhayangkari ini, berjalan dengan khidmat dengan diawali menyanyikan lagu Mars Polri dan Penghormatan Pasukan serta Laporan Komandan Upacara dipimpin Kasat Reskrim AKP M. Faruk Rozi, SIK dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta Pengucapan Tri Brata dan Catur Prasetya.

Dalam upacara HUT Bhayangkara ke-73 dihadiri oleh beberapa tamu undangan kehormatan Pejabat instansi dan stakeholder di wilayah pelabuhan Tanjung Priok diantaranya yaitu: Sekjen KKP Nilanto Prabowo, Senior Manager MURI Yusuf Ngadri, Direktur Eksekutif LEMKAPI Dr. Edi Saputra Hasibuan, Wakil Walikota Jakut Ali Maulana, Kepala OP Pel Tg Priok Kombes Pol Capt. Hermanta SH, M.Mar, Dandim 0502 Jakut Letkol Arm Arief Rahman, S. SOS. MM., Danyon Arhanudse Tanjung Priok Letkol Arh D. Samson, Dirut Ops IPC Prasetiyadi, GM PT Indonesia Power Rachmad Handoko dan GM Pelindo 2 Cabang Tanjung Priok Supardjo.

Kemudian dalam kesempatan itu Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok memberian Penghargaan kepada anggota yang telah berprestasi dalam pengungkapan kasus Narkoba dan mendapat peringkat pertama pengelolaan anggaran Keuangan Polres Pelabuhan Tanjung Priok oleh Kementerian Keuangan.

Foto: Istimewa

Dalam upacara tersebut Kapolres membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo yang intinya bahwa Presiden menekankan agar seluruh pimpinan dan seluruh anggota keluarga besar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin komplek. Serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045.

Lanjutnya, kedepannya strategi kepolisian diharapkan proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan dan terus tingkatkan pelayanan publik yang modern mudah murah cepat dan berkelanjutan. Disamping itu juga terus tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional transparan dan berkeadilan.

“Kita perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementrian, Pemerintah Daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam Negeri,” ujar Kapolres.

Selesai upacara dilanjutkan dengan rangkaian pemberian penghargaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan di wakili oleh Sekjen KKP Nilanto Prabowo, Kemudian dari Museum Rekor Indonesia (Bahwa Pelaksanaan Upacara HUT Bhayangkara ke-73 Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang dilaksanakan di Ruang Tunggu Terminal Nusantara Pura 2 Penumpang Pelni sebagai pemecah rekor dan pertama yang dilaksanakan di Indonesia) di wakili oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngadri, dari Lemkapi (Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia) diwakili oleh Dir Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan kepada Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

Foto: Istimewa

Kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan dari Stakeholder kepada beberapa Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang berprestasi diantaranya:

1. Walikota Jakarta Utara kepada Kasat Sabhara AKP Risma Silalahi dan Anggota Sat Binmas Aiptu Agus S.
2. Kepala OP Pel Tg Priok kepada Iptu Ramtu Maizal dan Iptu Suharno.
3. Dirut PT Pelindo 2 kepada Kabag Ops Kompol Hadi Suripto,Kasat Reskrim AKP M Faruk Rozi, SIK dan Kasat Intelkam AKP S. P Tobing S. Sos dan Kasat Lantas AKP Widodo S.
4. Dirut PT Pelni kepada Ipda Hasibuan.
5. Dirut PT Indonesia Power Kepada Aiptu Katino, Aiptu Sumarno, Bripka Nugroho Aris dan Bripka Tr Hari.
6. GM PT Pelindo 2 Cab. Sunda Kelapa kepada Kapolsek Kompol Armayni.

Selanjutnya dengan pemberian Plakat/ Cinderamata dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok kepada Stakeholder antara lain:

1. Menteri KKP/PSDKP
2. MURI
3. LEMKAPI
4. WALIKOTA JAKUT
5. KEPALA OP PEL TG PRIOK
6. DANDIM 0502 JAKUT
7. DIRUT IPC
8. DIRUT PT PELNI
9. DIRUT PT INDONESIA POWER.
10. GM PT PELINDO

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan sesi pemotongan tumpeng oleh Dandim 0502 Jakarta Utara di dampingi oleh Kapolres di berikan kepada Anggota termuda BRIPDA TRI dari Sat Narkoba, Pemberian Trofi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Cup kepada pemenang pertandingan Olah raga Bola Voly danTenis Meja (IPC, YON BEK ANG AIR, ARHANUSDE dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok).

Pemberian penghargaan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok kepada TOGA, TOMAS dan Tokoh Pemuda (H. Hasyim, H. Amsiran dan Sdr. Ridwan), Pemberian Beasiswa SD, SMP, SMA dan PT oleh Kapolres kepada Putra-putri Polri Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Ada juga pengundian doorprize dari Kapolres untuk Anggota Polres Pelabuhan Tg Priok berupa paket Umroh dan Wisata ibadah.

Penulis: Ichsan