Suasana Jelang Imlek Sudah Mulai Terasa di Sudut Kota Jakarta

Foto: (Ist)

“Dekorasi seperti lampion, bunga meihwa, interior bernuansa China peranakan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan Imlek”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Suasana imlek atau peringatan tahun baru China yang tahun 2020 bertemakan “The Great Lunar New Year” mulai dirasakan warga terutama pada beberapa sudut Kota Jakarta, Rabu (15/1).

Nidia N Ichsan yang menjabat sebagai humas korporasi salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat mengaku telah menyiapkan serangkaian acara untuk menyambut tahun baru Imlek yang jatuh pada 25 Januari 2020.

Menurut dia Imlek kini sudah menjadi salah satu budaya yang harus dilestarikan di Indonesia sehingga sudah menjadi kewajiban untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Dekorasi seperti lampion, bunga meihwa, interior bernuansa China peranakan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan Imlek. Semua itu kami hadirkan,” kata Nidia.

Tidak hanya itu untuk menyambut tahun baru Imlek juga dihadirkan kuliner yang biasa dibeli warga Tionghoa seperti seperti kue keranjang, kue bulan, jeruk, manisan, lapis legit, dan beberapa lainnya sebagai lambang kesuksesan, tambah Nidia.

Nidia juga menyampaikan untuk menyambut Imlek pihaknya akan menampilkan budaya tradisional Tionghoa seperti barongsai, atraksi liong, opera mini, pertunjukan seni, aksi akrobatik, tari topeng, serta musik tradisional.

“Bahkan untuk tari topeng ini jarang ada. Mengombinasikan seni tari dengan keterampilan tangan sehingga penari bisa menampilkan berbagai karakter topeng tanpa terlihat,” ujar Nidia.

Nidia optimistis berbagai pertunjukan budaya Tionghoa ditambah dengan ragam jajanan khas membuat suasana Imlek akan dirasakan di kawasan Jakarta Barat yang memang mayoritas diisi warga keturunan.

Menjelang tahun baru Imlek sejumlah tempat hiburan di Jakarta seperti Taman Impian Jaya Ancol, Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah juga sudah menyiapkan kegiatan, bahkan beberapa ornamen sudah terlihat.

Begitu juga dengan pusat-pusat perbelanjaan selain ornamen khas Imlek beberapa juga sudah menyiapkan program khusus mulai dari belanja berhadiah sampai dengan “midnight sale” dengan diskon yang menggiurkan.

Penulis: Soehartanto