BPJ Buka Rakernas, DPP KNPI Siap Kawal Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Secara Damai

Foto: Inspiratormedia.id

“Ini momen bahwa pelantikan presiden 20 Oktober tetap harus dilaksanakan. KNPI menjadi garda terdepan dalam proses demokrasi”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) РAnggota DPR RI daerah pemilihan Bangka Belitung (Babel), Bambang Patijaya berkesempatan hadir dan sekaligus membuka  acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP KNPI. Kegiatan berlangsung di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta (4/10).

DPP KNPI melaksanakan Rakernas dan Orientasi yang dihadiri sekitar 16 DPD KNPI Provinsi se Indonesia dan OKP yang mengirimkan utusan untuk hadir pada pembukaan Rakernas DPP KNPI tersebut.

“Seyogyanya Rakernas ini dibuka oleh Menteri Perindustrian Bapak Airlangga Hartarto, namun karena padatnya agenda beliau dan terkendala jadwal pesawat yang terlalu lama delayed balik dari Sumut, akhirnya para senior KNPI serta Ketum DPP KNPI Haris Pertama meminta saya untuk menyampaikan kata sambutan sebagai Senior KNPI dan Anggota DPR RI dan sekaligus membuka acara Rakernas KNPI,” terang Tokoh Pemuda Babel ini.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menyatakan, KNPI siap mengawal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2019 secara damai

“Ini momen bahwa pelantikan presiden 20 Oktober tetap harus dilaksanakan. KNPI menjadi garda terdepan dalam proses demokrasi,” ujar Haris Pertama.

Foto: Inspiratormedia.id

Haris Pertama mengatakannya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KNPI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (5/10/2019).

Dia juga mengimbau, seluruh organisasi kepemudaan agar duduk bersama dan saling mendukung penyelenggarakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih.

“Kami ingin meyakinkan ke seluruh organisasi kepemudaan (OKP) bahwa proses demokrasi sedang berjalan dengan baik. Toh antara dua kandidat sudah saling berpelukan,” ucapnya.

Wadah kepemudaan, kata Haris,  otomatis harus bisa merangkul kawan pemuda seluruh Indonesia. 

“Karena KNPI adalah bagian dari wadah pemuda se-Indonesia, maka ada kewajiban DPP KNPI untuk bagaimana kita sama-sama merangkul kawan pemuda,” katanya.

Sementara itu, pada kesempatan sama, Sekjen KNPI Jackson Kumaat menambahkan, organisasi kepemudaan jangan pernah mencederai proses demokrasi. 

Alasannya, demokrasi itu sangat penting dilakukan pada setiap negara. Oleh karena itu, semua pihak harus menjunjung tinggi proses tersebut.

“Kita kawal dengan cara mengajak, merangkul organisasi kepemudaan, jangan pernah mencederai proses demokrasi. Pelantikan harus dikawal dan kami stakeholder akan mengawal itu,” kata Jackson.

Acara Rakernas dan Orientasi DPP KNPI ini akan berlangsung selama tiga hari, di Hotel Mecure, Ancol, Jakarta Utara, sejak Jumat (4/10/2019) dan berakhir Minggu (6/10/2019).

Penulis: Soehartanto