Pakai Baret Merah, Prabowo Hadiri Perayaan HUT Kopassus

Foto: Istimewa

“Dia sesekali tampak tersenyum dan bertepuk tangan setiap kali prajurit Kopassus unjuk kebolehan”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengenang masa lalu dirinya saat masih aktif sebagai prajurit. Kenangan tersebut terlintas dalam benak Prabowo ketika hadir dalam acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-67 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4).

“Ingat masa muda. Ingat masa muda. Ingat masa masih agak kurus..hehe,” kata Prabowo kepada awak media usai acara.

Prabowo diundang dalam kegiatan tersebut dalam kapasitasnya sebagai mantan komandan dalam korps baret merah. Prabowo dilantik jadi orang nomor satu di Kopassus pada 1996.

Prabowo hadir mengenakan setelan jas berwarna coklat muda, lengkap dengan baret merah khas Kopassus serta kacamata hitam yang dia gunakan sebagai pelengkap.

Foto: Istimewa

Selama acara berlangsung, Prabowo pun tak beranjak dari kursi yang dia duduki. Mantan menantu Presiden ke-2 RI Soeharto itu tampak sangat menikmati kegiatan. Dia sesekali tampak tersenyum dan bertepuk tangan setiap kali prajurit Kopassus unjuk kebolehan.

“Sangat bangga sekali. Luar biasa, pokoknya luar biasa,” kata Prabowo tersenyum bangga.

Selain diisi Prabowo, kursi tamu dalam acara yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB itu juga diisi barisan jenderal lainnya. Mereka di antaranya mantan Panglima TNI sekaligus anggota kehormatan Kopassus, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang juga ‘alumni’ Kopassus, AM Hendropriyono.

Kemudian hadir juga mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Mulyono, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji. Hadir juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyebut Kopassus bagaikan hantu-hantu bagi musuh negara. Kopassus, kata dia, tanpa perlu mencari nama telah terkenal seantero penjuru dunia.

Namun demikian, Hadi tetap meminta para prajurit Kopassus tak sombong. Hadi meminta prajurit harus tetap bisa membaur dengan masyarakat. Mantan sekretaris militer Presiden 2015-2016 itu juga meningkatkan kreativitas dan bersikap inovatif dalam setiap tugas yang dia jalankan.

“Jadilah Pasukan Khusus yang berkelas dunia,” kata dia.

Penulis: Soehartanto