Pascapandemi, UMKM terus didorong untuk masuk ke ekosistem digital

Upaya mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital semakin meningkat meski setelah pandemi. Termasuk upaya pemerintah untuk transformasi digital UMKM.

Pascapandemi, UMKM terus didorong untuk masuk ke ekosistem digital

Pentingnya terkoneksi dengan ekosistem digital terus ditekankan bagi para pelaku UMKM meski situasi pandemi di Indonesia perlahan mulai membaik. Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang tetap fokus mendorong UMKM bertransformasi menjadi ekosistem digital.
Baca juga

Pascapandemi,-UMKM-terus-didorong-untuk-masuk-ke-ekosistem-digital

GoTo mendorong UMKM untuk mengembangkan usahanya dan memperkenalkan pusat informasi yang terintegrasi
Pemasaran digital sangat penting bagi UMKM dan pelaku bisnis untuk menarik pembeli
Maksimalkan Dikelola Tokopedia, UMKM lokal masuk pasar nasional
Niagahoster bantu UMKM dan bermitra dengan 1000 digital startup Kemenkominfo

Mengutip siaran pers Kementerian Koperasi dan UKM

, Teten mengatakan berdasarkan pengalaman selama pandemi, UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital dapat bertahan dan tumbuh paling banyak. Bahkan setelah pandemi, UMKM harus bangkit dan bertransformasi menjadi ekosistem digital.

“Kami menargetkan usaha mikro untuk onboarding. Kami ingin semakin banyak orang yang naik level,” katanya.

Hal ini sejalan dengan tema besar konferensi virtual tahunan Niagahoster yang diadakan 24-25 Agustus 2022 bertajuk “Brand Marketing Con 2022 by Niagahoster”.

Dengan motto “Keeping Up The Pace After Pandemic”, Brand Marketing Con 2022 Niagahoster akan memberikan wawasan tentang dunia digital marketing pasca pandemi.

Salah satu pembicara, Andin Rahmana, Digital Consultant & Trainer Academic Head Digital Marketing Purwadhika mengangkat topik “Menguasai Digital Marketing Pasca Pandemi”. Dia menjelaskan bagaimana belanja online terus tumbuh dalam popularitas bahkan setelah pandemi.
Didukung oleh GliaStudio

“Jumlah masyarakat yang lebih memilih berbelanja di e-commerce meningkat dari hanya 24 persen menjadi 66 persen pascapandemi,” kata Andin.

Terapkan pemasaran digital yang optimal
Brand Marketing Con 2022 dari Niagahoster. (Dok. Niagahoster)

Transformasi ke ekosistem digital membutuhkan beberapa penyesuaian.

Andin menjelaskan ada beberapa tahapan untuk online, mulai dari membuat brand dan target market, menyiapkan media sendiri untuk digunakan, membuat konten yang menarik, digital advertising dan mengumpulkan data serta mengevaluasi pencapaian setiap bulannya.

Begitu juga saat memutuskan tempat berjualan offline, pelaku UMKM perlu memilih platform yang paling tepat untuk beralih ke ekosistem digital. Jika Anda lebih nyaman dengan toko sendiri, opsi membuat website toko online adalah solusi terbaik.

Namun, jika UMKM merasa memiliki kios di mall saja sudah cukup, maka marketplace adalah platform digital yang tepat. Atau jika UMKM lebih memilih kekuatan dari mulut ke mulut, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan media sosial. Semuanya harus dikelola oleh pengusaha itu sendiri.

“Pemasaran digital yang optimal adalah dengan menggabungkan media yang dimiliki atau platform digital yang digunakan, media yang diperoleh seperti ulasan pelanggan dan media berbayar atau iklan digital di Google dan media sosial,” kata Andin.

Mempercepat proses orientasi UMKM

Pada kesempatan peringatan Hari UMKM Nasional 2022, Menteri Teten terus mengobarkan semangat bersama dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa KemenKopUKM bekerja sama dengan pihak terkait untuk mendorong UMKM terlibat dalam transformasi digital.

“Di antaranya dengan menggelar coaching clinic dan onboarding untuk mengakselerasi kehadiran UMKM Indonesia di platform digital. Dengan memasuki ekosistem digital, UMKM dapat berkembang, bertahan dan sejahtera di masa depan,” ujarnya.

Hal ini juga dilakukan oleh Niagahoster melalui Development Program, yang secara rutin bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga pendidikan untuk membantu masyarakat luas memaksimalkan potensi internet dan memahami digital marketing.

“Niagarahoster Development Program telah bermitra dengan 1000 startup digital dari Departemen Komunikasi dan Informatika dan berbagai institusi lainnya. Selain itu, kami akan terus melakukan kegiatan bersama untuk memperluas jangkauan tujuan pendidikan digital,” ujar Linggar Dwi Addieningtyas, Niagahoster Spesialis Program Komunitas.

Baca Juga :

https://pdamlebak.co.id